-->

“brengsek…..”

Sebuah kata yang terucap di sabtu dini hari kemaren.

Jadi begini ceritanya. Hari jumat sore kemaren gw kerumah brader Leo si juragan henpon itu buat masang lampu strobo di motor gw. Gw dateng hari jumat sore jam setengah 5.
Sesampainya disana ga lama kemudian langsung menelanjangi si Luna. Hohohoho. FYI : ternyata si Luna klo telanjang ga seksi euy. Jadi ilfill malah. Hohoo.

Baiklah abis ditelanjangin gw sama brader langsung bikin socket-socket gitu n ngebongkar rela y lampunya. Gw pikir awalnya ini adalah pekerjaan yang mudah. Tapi eh tapi buset parah banget deh. Gw lebih milih install sound system buat di panggung daripada suruh ngerjain begituan. Yaa biarpun sama-sama berhubungan dengan kabel tapi menurut gw ini hal yang sangat rumit banget. Bener-bener ga mudeng gw. Akhirnya gw hanya bisa berdiam dan melihat brader mengutak-atik mainannya. Hohoho.

Detik demi detik, menit demi menit dan akhirnya sampai pada hitungan jam. Yang gw pikir jam 10 bakal udah selese ternyata melenceng jauhh abis. Dan jam 10 itu lampunya aja belon kepasang. Dan relay nya pun belom jadi. Oh oh astaga. Mana udah bilang nyokap ga pulang malem-malem lagi. Dan akhirnya dengan terpaksa gw sms nyokap klo gw bakal pulang agak malem n nyokap bilang iya tapi jangan pulang malem malem banget. Dan gw menargetkan jam 12 udah kelar deh. Hohoho.

Ga kerasa tiba tiba waktu udah menunjukaan jam 12 malem (hoo.. maafkan aku ma, kayanya bakal pulang lebih malem lagi… hahaha.. ). Dan pekerjaan udah ¾ selese. Saklar-saklar udah terpasang di dashboard motor terus socket-socket udah jadi n tinggal problem terakhir yaitu gimana cara ngehubungin kabel lampunya ke sumber listrik (baca : aki). Setelah dicari-cari akhirnya ketemu juga cara yang baik dan tepat. Dan pekerjaan pun selese jam 1. Hoaaa. Badan udah cape, pegel, ngantuk dan gw memutuskan utk pulang soalnya udah malem juga ga enak sama nyokap.

Ternyata eh ternyata si brader ternyata mau ikut ke grogol, dia mau jalan jalan aja katanya sambil mau liat nyala lampu strobo gw klo di jalan tuh gimana. Gw coba meyakinkan dia apa serius mau ikut ke Grogol? Soalnya kan lumayan juga Rawamangun-Grogol klo cuma buat iseng jalan doank dan lagipula udah jam 1 pagi gitu. Terus dia bersikukuh mau jalan. Katanya gapapa udah biasa. Yaa gw sebagai orang yang baik yasudalah mengiyakan aja. Sedikit bersyukur ada yang nemenin pulang. Hohoho.

Perjalanan dimulai dari Rawamangun jam setengah 2 kurang. Ternyata jam 2 itu sepi juga ya. Tapi enak banget deh jalan malem-malem. Seperti yang gw ceritakan di cerita yang awal. Suasananya hening banget. NO Polusi udara, NO macet, NO klakson. Pokonya damai bener lah.
Dan lagi-lagi ga kerasa tiba-tiba udah sampe di deket roxy tuh. Lagi enak-enak jalan tiba-tiba gw merasakan sesuatu yang tidak beres di motor gw.

“koq motor gw goyang-goyang gini yaa..??”

Waduhh kenapa ini? Ngga beres nihh. Terus gw nanya brader. “bro, ban belakang gw kempes yaa..??”

“wahhhhh.. iya kempes tuh broo….. minggir dulu deh..”, kata brader Leo.

Lalu minggir lah gw. Setelah gw cek ternyata bener kempes dan ternyata itu tanda-tanda ban bocor.
“SIAL….”

Terus gw raba-raba deh tuh ban motor gw. Dan lo tau apa????? Gw nemuin benda berbentuk huruf L yang terbuat dari besi gitu yang bentuknya sangat ngga wajar sekali. Terus gw cabut lah besi itu dari ban motor gw. Gw liat-liat sama brader bentuknya tuh ngga wajar banget, ga mungkin ini besi ada di jalanan klo bukan karena unsur kesengajaan.

“BRENGSEKKK….. SIALAN… ASU…. KEPARAT… &*+-#@%*&(!!!”

Photobucket
Photobucket
Photobucket
Baiklah akhirnya gw terpaksa mencari tukang tambal ban. Dan waktu udah menunjukkan jam 2 pagi. Haaaaa. Semakin larut aja deh tuh. Rencana amblas semua.
Setelah nanya orang ditunjukkinlah tukang tambal ban dan ternyata ga jauh dari lokasi gw berhenti.
Sampe ditukang tambel ban si abangnya nanya, “kenapa mas? Bocor ya?”
Arrgghhh. Pertanyaan yang bego banget menurut gw, udah jelas ban kempes n motor gw dorong, masih juga nanya kenapa.
Pas dibongkar bannya ternyata dalemnya sobek cukup lebar. Kira-kira 2cm lah. Dan terjadilah dialog antara gw, leo dan abang.
Abang : “wah ini mah susah nambelnya mas, bocornya lebar. Udah gitu bisa banyak yang bocor klo gini.”
Pam : “aaahhh. Udah tambal dulu aja. Coba dulu.”
Abang : “tapi ntar takut ga kuat tambelannya.”
Leo : “yaa makanya coba dulu lah bang.”
Abang : “tapi klo gini kenanya 2 tambelan nih mas.”
Pam : “yaudah gapapa yang penting tambel dulu aja.”
Dalam hati gw nih orang banyak cingcong bener dah. Pengen gw paprak palanya pake kompresor.
Ni tukang tambel ban kaya gini mesti di waspadai. Soalnya dia bisa-bisa aja sengaja ngerusakin ban kita n akhirnya kita harus ganti ban kita sama dia. Yaa mau ga mau gw liatin terus dah tuh kerjanya, sedetik pun ngga gw lewatkan bgitu saja.

Photobucket
Photobucket
Setelah udah ditambel, dipanasin, jadilah ban gw. Udah gitu di tes di isi angin. Ternyata bannya Cuma robek di 1 titik itu aja. Ngga ada bocor di titik yang lain seperti yang si abang-abang itu bilang. Lalu terjadilah dialoq selanjutnya.
Abang : “wah ini ban IRC gampang sobek lagi mas. Ntar takut bocor lagi.”
Pam : “yaelah mas yang penting saya sampe rumah dulu dah. Masalah ntar mau diganti mah gampang dah. Ntar biar saya ganti sendiri.”
Abang : “yaa daripada ntar dijalan kenapa-kenapa lagi mas.”
Pam : “yaelah bang rumah saya tinggal sejengkalan kolor lagi nyampe bang. Udah deh. Udah ga da yang bocor lagi kan? Pasang lah klo gitu!”
Abang : ………...
Ni orang bener-bener pengen gw paprak rasanya. Dalem hati gw ngapain IRC jadi ban standar motor-motor klo barangnya gampang robek? Dan klo gitu mah ga bakal ada yang jual IRC. Dia pikir gw ngga ngerti motor ape? Salah dia mau menipu gw.
Ban motor beres, terus gw melanjutkan perjalanan pulang yang tinggal dikit lagi. Sampe rumah terus gw say thank you sama brader Leo yang udah nemenin pulang. Bayangin aja klo gw sendiri serem juga sih. Klo di apa-apain kan ga lucu juga. Jam 2 pagi di tempat yang sepi n remang-remang dimana tindak kejahatan bisa terjadi kapan saja n dimana saja. Tapi beruntunglah ada brader Leo malam itu. Tengkyu banget Bro. :)
Sampe rumah akhirnya jam 3 pagi. Meleset jauh dari rencana awal. Hohoho. Ternyata pas gw pulang nyokap kebangun dan nanya gw darimana koq jam sgitu baru pulang. Gw bilang aja tadi bannya bocor jadi mesti nambel ban dulu. Untung nyokap ngga ngomel-ngomel. Hehehhe. :)
Siang harinya gw melihat barang sial itu, ternyata eh ternyata itu adalah ranjau paku yang suka ditebar sama abang-abang tukang tambel ban. Soalnya seperti yang tadi gw bilang, bentuknya tuh ngga wajar banget. Klo seandainya benda itu jatoh dari kendaraan gw rasa bentuknya ngga akan seperti itu. Dan gw berasumsi klo yang nebar tuh besi yaa si tukang tambel ban itu. Gw ngga nuduh lho. Hanya berasumsi aja. Soalnya pas dia liat robekan ban dan dari pembicaraannya kayanya tuh orang yakin banget bukan kena paku melainkan kena ranjau. Udah gitu jarak dari gw kena ranjau itu sampe ketempatnya dia juga ngga jauh. Dan setelah diliat-liat lagi cara kerjanya hebat juga lho. Jadi besi itu letaknya horizontal sejajar sama jalanan. Ketika ke injek ban dia akan jadi vertikal nusuk ban dan bisa ngerobek ban.

Photobucket
Photobucket
Yaa gw hanya berdoa aja buat orang yang menebarkan ranjau itu. Mudah-mudahan rejekinya selalu seret dan hidupnya akan selalu susah. Dan yang pasti dibukakan pintu hatinya. Cari lah uang dengan halal. Biar sedikit klo halal kan dimakan juga enak. Kasian anak sama istri klo gitu caranya. Bisa-bisa yang mereka makan tiap hari adalah hasil kejahatan.
Hal yang gw petik dari kejadian hari sabtu dinihari kemarin.
  1. Klo naik motor diatas jam 11 gw sarankan jangan sendirian deh. Lebih baik minta temenin. Bahaya selalu mengancam dimana aja n kapan aja. Klo seandainya terjadi sesuatu yang tidak diinginkan lo masih punya temen untuk membantu. Dan kalo emg ga ada temen balik lebih baik cepetan pulang.
  2. Ati-ati klo dijalanan yang gradakan, jalanan yang sepi, karena jalan gitu berpotensi dengan ranjau. Biasanya sih ranjau paku. Klo yang kaya gw itu jarang banget. Dan klo naik motor sebaiknya jangan di lajur paling kiri. Klo lo jalan malem-malem gitu mending lo jalan di lajur paling kanan.
  3. Ati-ati sama tukang tambel ban. Kenapa? Yaa kaya yang tadi gw ceritain, dia bilang bocornya lebar lah, susah nambelnya lah, banyak lah bocornya. Klo udah gitu biasanya suka ada niat yang jelek yang membuat kita akhirnya harus ngeganti ban kita dengan harga yang mahal. Makanya klo bocor gitu lo pantengin terus aja deh tuh ban lo. Soalnya klo kita lengah terkadang dia bisa aja ngerobekin ban dalem kita lebih gede. Dan klo menurut lo bocornya masih bisa ditambel yaa minta tambel dulu aja. Jangan nurutin si abang untuk ganti ban dalemnnya. Tapi klo udah robek lebar dari awalnya mau ga mau emang harus diganti.
  4. Selalu bawa ban dalem cadangan. Klo seandainya robek lebar kita ngga harus beli di abang-abang itu. Soalnya klo lo beli di abang-abang itu harganya bisa cukup melambung. Karena situasinya terpaksa mau ngga mau kita harus ganti ban dalem baru.
  5. Klo bisa bawa alat yang bisa mempersenjatai diri lo sendiri. Saran gw mending buat lo semua yang motoriders klo bisa lo punya alat setrum. Bentuknya mirip banget sama henpon. Cuma itu setrumannya dashyat banget klo kena. Gw belom pernah cobain ke orang sih. Tapi dengan ngeliat setrumannya nyala aja udah keringet dingin duluan. Itu katanya klo kena ke orang bisa langsung pingsan. Dan klo kena orang yang punya penyakit jantung bisa langsung meninggal. Emang serem sih, tapi asal ngga dipake buat hal yang aneh-aneh yaa gapapalah. Buat jaga diri penting banget.
  6. Kalo seandainya ban lo bocor sebaiknya lo langsung minggir dan periksa ban lo. Klo ada sesuatu yang nancep sebisa mungkin langsung lo cabut aja dari bannya. Jangan dibiarin gitu aja. Karena ntar bisa ngerusak ban dalemnya dan malah bikin banyak lobang di ban dalem. Terus klo bocor motornya jangan dinaikin. Dituntun aja sambil di gas pelan-pelan biar ga terlalu berat nuntunnya.

Sekian cerita gw, gw cuma mau berbagi pengalaman aja. Mudah-mudahan bermanfaat dan lo semua bisa lebih berhati-hati klo lagi dijalan. :)

hadiah ranjau...

Posted on

Kamis, 16 April 2009